Jumat, 20 April 2012

pengertian akad ijarah

 
1 . Pengertian akad ijarah
Ijarah  adadalah pemindahan hak guna atas suatu barang dan atau jasa atas pembayaran upah sewa tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang itu sendiri dengan perkataan lain ijarah adalah mengambil manfaat atas suatu barang  dengan jalan  penggantian sewa atas upah sejumlah tertentu
Menurut sayyiq sabiq dalam fikih sunnah , al ijarah berasal dari kata  alajru yang berarti ganti  atau kompensasi.ijarah sendiri dimaksudkan untuk mengambil suatu manfaat atas suatu barang atau jasa dengan jalan penggantian sewa atau juga upah.
Asset yang disewakan (obyek ijarah ) dapat berupa mobil , rumah perlatan dan sebagainya . karena yang ditrnsfer adalah manfaat dari suatu asset maka segala sesuatu yang dapat di transfer manfaatnya dapat menjadi obyek ijarah . dengan demikian ,barang yang dapat habis dikonsumsi tidak dapat menjadi obyek ijarah ,karena mengambil manfaatnya berarti memilikinya .bentuk lain dari oyek ijarah adalah manfaat dari suatu jasa yang berasal dari suatu karya atau dari pekerjaan seseorang .
Contoh :
Nona saras menggunakan jasa penjahit isna atau isma mempekerjakan  dona , maka hubungan pekerja dan pemberi kerja(upah mengupah ) termasuk dalam akad ijarah dan pengguna jasa harus membayar upah.
Berakhirnya suatu akad ijarah adalah :
1.periode sudah selesai sesuai perjanjian, perjanjian sudah selesai dengan beberapa alasan  misalnya keterlambat masa panen  jika menyewakan lahan untuk pertanain, maka berakhirnya akad setelah masa panen sudah selesai namun kontrak masih dapat berlaku walaupaun dalam
2. periode akad belum selesai tetapi pemberi sewa dan penyewa sepakat menghentikan ijarah
3.terjadi kerusakan asset
4. penyewa tidak dapat membayar uang sewa
5. salah satu pihak meninggal dan ahli waris tidak berkeinginan untuk meneruskan akad karena memberatkanya ,kalau ahli waris tidak masalah maka akad tetap di lanjutkan .

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...