Cari Yang lain disini gan!! Ilmu pengethuan apa saja yang kamu inginkan ada di sini

Memuat...

pengertian akad salam


salam berasal dari kata as  syalaf   yang artinya adalah pendahuluan . jadi pengertian akad salam di sini adalah  harta jual beli barang pesangon dengan pengiriman barang dilakukan di kemudian hari dan  pellunasanya di lakukan oleh pembeli pada saat akad/perjanjian di sepakati sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati
akad salam  ini dapat membantu produsen untuk penyediaan modal sehingga ia dapat menyerahkan sesuai yang telah di pesan sebelumnya .
Syarat Salam :
1. Pembayaran dilakukan di muka pada majelis akad.
2. Penjual hutang barang pada si pembeli sesuai dengan kesepakatan.
3. Brang yang disalam jelas spesifikasinya baik bentuk, takaran, jumlah, dan sebagainya.
Contoh(1) dalam pelakasanaanya dapat kita cermati berikut ini  :
Aldhie adalah  produsen  kecap di Sumatra utara  yang sudah sukses besar di dalam bisnisnya . ia bermaskud membeli kacang kedelai  untuk bahan baku produksi kecapanya . maka sebab itu pak aldhie berencana membeli kedelai tersebut  untuk mengantisipasi produksi pabrik kecapanya tersebut . maka dia mendatangi pak rinal selaku pejual  kedelai langgananya .dan pak aldhie berencana membeli kedelai sebanyak  5000 kg  kedelai dan harga perkilo gram kedelai adalah Rp 10.000 . tapi barang nya akan disepakati kapan penngirimanya  sebab  masih menunggu panen kedelai tersebut . oleh karenanya maka  uangnya di bayar kepada pak rinal terlebih dahulu sebesar kesepakatan   yang  telha disepakati dan juga kesepakatan tentang pengiriman barang dan lainya.

2. Skema akad salam
Skema akad salam ada dua  yaitu :
1.skema salam , dan
2.skema  salam  paralel


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...