Cari Yang lain disini gan!! Ilmu pengethuan apa saja yang kamu inginkan ada di sini

Memuat...

menghitung perkalian cepat dengan tepat dan mudah

oke teman sahabatku sekalian sekarang kita membahas perkalian , setelah saya membaca blognya dari mba

chagrin dym gyp dahulu ternyata saya terpikir berguna juga untuk kita karena saya merasakanya sendiri meskipun belum paham bangat .betapa mudahnya sebenarnya menhitung itu kalau kita mempunayi trik trik mengitung nya dengan mudah . perkalian cepat dan tepat juga sederhana itulah mungkin disebutkan tepatnya itu . ini bagus untuk kita .

begini lah contohnya dari blognya mba chari tersebut :
1. Perkalian 9, 99, atau
999
Mengalikan dengan 9
sebenarnya adalah
mengalikan dengan 10-1.
Jadi, 9×9 sama saja
dengan 9 x (10-1) =
9×10-9 = 90-9 = 81.
Ayo coba contoh yang
lebih sulit:
46×9 = 46× (10-1) = 460-46
= 414.
Satu contoh lagi:
68×9 = 680-68 = 612.
Untuk perkalian 99,
artinya kita mengalikan
dengan 100-1.
Jadi, 46×99 = 46 x (100-1)
= 4600-46 = 4554.
Kalo udah gitu, kalian
semua pasti tahu bahwa
perkalian 999 sama
dengan perkalian 1000-1
38×999 = 38 x (1000-1) =
38000-38 = 37962.
Masih bisa ngikuti? ayo
kita lanjut
2. Perkalian 11
Perkalian 11 artinya kita
menjumlahkan sepasang
angka, kecuali bagi
angka yang ada di bagian
ujung
Lebih jelasnya gw jelasin
di bawah ini :
untuk perkalian 436
dengan 11 mulailah dari
kanan ke kiri (selalu dari
kanan ke kiri ya)
Pertama tulis 6 lalu
jumlahkan 6 dengan
angka di sebelahnya
yaitu 3 sehingga
didapatkan angka 9
Tuliskan 9 disebelah kiri
6.
Lalu jumlahkan 3 dengan
4 untuk mendapat angka
7. Tuliskan angka 7.
Terakhir tuliskan angka
yang paling kiri yaitu 4.
Jadi, 436×11 = 4796.
Ayo kita buat contoh
yang lebih sulit: 3254×11.
(3)(3+2)(2+5)(5+4)(4) =
35794.
Ingat selalu mulai dari
kanan ke kiri yak!
Sekarang contoh yang
lebih sulit lagi: 4657×11.
(4)(4+6)(6+5)(5+7)(7).
Mulai dari kanan tuliskan
angka 7.
Lalu 5+7=12.
Tuliskan 2 dan simpan
angka 1.
6+5 = 11, tambah 1 yang
tadi kita simpan = 12.
Sekali lagi tuliskan 2 dan
simpan 1.
4+6 = 10, tambah 1 yang
tadi kita simpan = 11.
So, tuliskan 1 dan simpan
1.
Terakhir angka paling
kiri, 4, tambahkan
dengan 1 yang tadi kita
simpan.
Jadilah, 4657×11 = 51227 .
Hehehe, mantepkan? ini
masih ga terlalu
sulit...ayo jalan lagi
3. Perkalian 5, 25, or 125
Perkalian dengan 5 sama
saja mengalikan dengan
10 lalu di bagi 2,
CATATAN : Untuk
perkalian dengan 10
cukup tambahkan 0 di
dibagian belakang angka
Contoh : 1000 x 5 = 5000
Lagi, 12×5 = (12×10)/2 =
120/2 = 60.
Contoh yang lain:
64×5 = 640/2 = 320.
Juga, 4286×5 = 42860/2 =
21430.
Untuk perkalian 25, sama
saja kita kalikan dengan
100 (tambahkan dua
angka 0 di bagian
belakang) kemudian di
bagi dengan 4.
CATATAN : Untuk
pembagian dengan 4,
kita bisa juga membagi
dengan 2 sebanyak dua
kali
64×25 = 6400/4 = 3200/2 =
1600.
58×25 = 5800/4 = 2900/2 =
1450.
Untuk perkalian 125,
sama saja kita kalikan
dengan 1000 (tambahkan
tiga angka 0 di bagian
belakang) kemudian di
bagi dengan 8.
CATATAN : Untuk
pembagian dengan 8,
kita bisa juga membagi
dengan 2 sebanyak tiga
kali
32×125 = 32000/8 =
16000/4 = 8000/2 = 4000.
48×125 = 48000/8 =
24000/4 = 12000/2 = 6000.
Mudah kan? hehehe
melangkah lagi!
4. Mengalikan dua
bilangan yang
mempunyai selisih 2, 4,
atau 6
Untuk perkalian seperti
ini gw langsung kasi
contoh ya
Ambil contoh : 12×14. (14
- 12 = 2...jadi metode ini
bisa dipakai)
Pertama kita cari angka
tengah antara 12 dan
14...So,
12
13
14
(artinya 13 adalah angka
tengah), berikutnya kita
tinggal membuat
perkalian 13 x 13 lalu di
kurangi 1...
12×14 = (13×13)-1 = 168.
16×18 = (17×17)-1 = 288.
99×101 = (100×100)-1 =
10000-1 = 9999
Jika selisih dua bilangan
tersebut adalah 4, sama
seperti tadi kita cari
angka tengahnya...buat
pemangkatan, lalu
kurangi dengan 4,
Ok ini contohnya :
11×15 = (13×13)-4 = 169-4
= 165.
13×17 = (15×15)-4 = 225-4
= 221.
Jika selisih dua bilangan
tersebut adalah 6, sama
seperti tadi kita cari
angka tengahnya...buat
pemangkatan, lalu
kurangi dengan 9,
Ok ini contohnya :
12×18 = (15×15)-9 = 216.
17×23 = (20×20)-9 = 391.
Hehehe...trik ini bisa di
pakai bukan hanya untuk
belasan tapi bisa sampai
ribuan...
Masih ada trik lagi....ntar
gw sambung...
Tengkyu all
Naaah sudah
makan...sudah
kenyang...sekarang kita
sambung lagi pelajaran
kita....hehehehehe
5. Pemangkatan bilangan
puluhan yang berakhiran
5
Untuk yang ini bener2
gampang kok..
Contoh kita mau ngitung
berapakah 35 x 35
Kita tinggal mengalikan 3
x 4 = 12 (angka 4 di
dapat dari 3 tambah 1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 35 x 35 = 1225
Mudahkan?
Contoh lagi : 65 x 65
Kalikan 6 x 7 = 42 (angka
7 di dapat dari 6 tambah
1)
Kemudian 5 x 5 = 25
Jadi 65 x 65 = 4225
Dari situ kita tahu bahwa
pemangkatan bilangan
puluhan berakhiran 5
pasti angka belakangnya
25
So 85 x 85 = 7225
(tahukan dari mana
dapetinnya?)
6. Perkalian puluhan
dimana digit pertama
adalah sama dan jumlah
digit kedua adalah 10
Contohnya kita ingin
mengalikan 42 x 48...
Disini terlihat bahwa
digit pertama puluhan di
atas adalah sama yaitu 4
sedangkan jumlah dari
digit kedua adalah 2 + 8
= 10
Cara cepatnya sederhana
saja :
Kita kalikan 4 dengan 4+1
Jadi gini hasilnya 4 x
(4+1) = 4 x 5 = 20
Tuliskan angka 20
Lanjut lagi kalikan 2
dengan 8 Jadi gini
hasilnya 2 x 8 = 16
Tuliskan angka 16
Jadilah 42 x 48 = 2016
Gampang kan? contoh
lagi
64 x 66
Kita buat
6 x (6+1) = 6 x 7 = 42
6 x 4 = 24
Hasilnya
64 x 66 = 4224
Masih bingung?
Contoh lagi :
83 x 87
Rumusnya
8 x (8+1) = 8 x 9 = 72
3 x 7 = 21
Hasilnya
83 x 87 = 7221
Ok bro and sis?
hehehehe ajarkan ini ke
putra putri anda
Nah untuk yang berikut
ini agak sedikit
rumit...tapi kalo disimak
bisa kok bro
7. Pemangkatan Puluhan
Ini perlu sedikit
konsentrasi
Ambil contoh kita ingin
melakukan pemangkatan
58 alias 58 x 58
Langkah 1 :
Kalikan 5 dengan 5, 5 x 5
= 25
Kalikan 8 dengan 8, 8 x 8
= 64
Tuliskan ke dua hasil tadi
dan jadilah 2564
Langkah 2 :
Kalikan 5 dengan 8 = 40
Gandakan hasil tersebut,
40 x 2 = 80
Tambahkan 1 angka 0,
jadilah 800
Langkah 3 :
Jumlahkan 2564 dengan
800, 2564 + 800 = 3364
Itulah hasilnya
58 x 58 = 3364
Hehehe....masih bingung?
yuk contoh lagi yuk
32 x 32
Langkah 1 :
3 x 3 = 9 ----> tapi
tuliskan 09 ya supaya 2
digit bisa tercipta
2 x 4 = 4 ----> tapi
tuliskan 04 ya supaya 2
digit bisa tercipta
Kedua hasil di tulis
menjai 0904
Langkah 2 :
3 x 2 = 6 GANDAKAN 6 x
2 = 12
Tambahkan satu 0
dibelakangnya dan
jadilah 120
Langkah 3 :
120 + 0904 ----> artinya
120 + 904 = 1024
Itulah hasilnya
32 x 32 = 1024
Mantep kan?
Mau coba lagi?
Boleh!
67 x 67
6 x 6 = 36
7 x 7 = 49
3649
6 x 7 x 2 = 84 tambah
satu 0 jadi 840
3649 + 840 = 4489
Sehingga 67 x 67 = 4489
sumber : http://bagong-kewez.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-scroll-bar-di-posting-blog.html
 atau mungkin dengan trik yang kaya ginian munkin caranya lebih afdoll teman- teman rasa  ;
teman teman bisa lihat video yang lainya lagi yang lebih banyak di youtube . tergantung kemauan kita kok . trik lainya dari pak mujito di blognya :
Trik Perkalian 11 Mungkin perkalian 1 x 11 sampai 9 x 11 sudah kalian hafal. Karena itu sangat gampang, contoh: 1 x 11 = 11 8 x 11 = 88 9 x 11 = 99 Memang itu gampang, tetapi bagaimana kalau perkalian 10 x 11 sampai 20 x 11? Caranya: 12 x 11 Tulis angka yang akan dikalikan 11 tapi kosongkan tengahnya! 1_2 (Perhatikan. Di antara 1 dan 2 ada ruang kosong) Maksud “_” adalah ruang kosong antara 1 dan 2. Jadi bila menulis di buku, gantilah “_” dengan spasi / tempat kosong Lalu coba jumlahkan kedua angka itu ( 1 + 2). Hasilnya pasti 3 kan? Lalu taruh angka 3 di antara kedua angka itu. Lalu itu akan menjadi seperti ini: Sebelum = 1_2 Sesudah = 132 Tapi apabila perkalian 19 x 11 bagaimana caranya? Caranya: Isikan tempat kosong di antara 1 dan 9 (1_9). Lalu hitung 1 + 9. Hasilnya pasti 10 kan? Tapi jangan menjawab hasil dari 19 x 11 = 1109! Tapi caranya begini: Tulis dahulu di kertas orak-orek angka 10. Lalu masukan angka akhirnya (0) jadinya seperti ini: 109. Tapi bagaimana dengan angka 1 nya? Caranya tambahkan angka akhir dari 19 (1 nya) dengan angka 1 nya (sisanya). 1 + 1 tentu hasilnya 2 kan? Nah, sekarang kita ganti angka terakhir dari 109 menjadi 2 dan hasilnya menjadi seperti ini: 209. Coba hitung dengan cara menyusun. Hasilnya pasti 209. Gampangkan! Trik Perkalian 25 Perkalian 25 memang sangat susah Tapi kalau memakai trik ini, pasti lebih gampang! Triknya: : 4 x 100 Apabila sisanya 0, angka 00nya tetap menjadi 00 Apabila sisanya 1, angka 00nya menjadi 25 Apabila sisanya 2, angka 00nya menjadi 50 Apabila sisanya 3, angka 00nya menjadi 75 Contoh: 25 x 12 = ……. Caranya: 12:4×100 = 3×100 = 300 Karena sisa dari 12 dibagi 4 tidak ada (0), maka 00 tetap menjadi 00 Jadi hasilnya 300! Coba hitung dengan menyusun, pasti benar Contoh 2: 25 x 11 =…. Caranya: 11:4×100 = 2 (sisanya 3)x100 = 200 Karena 11 dibagi 4 mempunyai sisa 3, maka angka 00 dari bilangan 200 menjadi 75 Jadi hasilnya 275! Coba hitung dengan menyusun, pasti benar!!!! Trik lainnya Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Ini lah cara asyiknya! 542 = 2916 29 kita peroleh dari 25 + 4 16 kita peroleh dari 42 562 = 3136 31 kita peroleh dari 25 + 6 36 kita peroleh dari 62 572 = 3249 32 kita peroleh dari 25 + 7 49 kita peroleh dari 72 Cara hitung cepat dengan angka 9 Karena setiap bilangan sembarang jika dikalikan 9 maka jumlah hasilnya = 9 maka : 1 x 9 = 9 2 x 9 = 18, jumlah 1 + 8 = 9 3 x 9 = 27, jumlah 2 + 7 = 9 4 x 9 = 36, jumlah 3 + 6 = 9 dan seterusnya…………………. Cara hitung cepat dengan angka 9 : Contoh : 22 x 9 = 198, ( cara cepatnya 2 x 9 = 18, lalu selipkan angka 9 ditengah ), jadi jumlahnya adalah 198 simak cara cepatnya berikut ini : 33 x 9 = 297 ( cara cepat 3 x 9 = 27, selipkan 9 ditengah ) 44 x 9 = 396 55 x 9 = 495 66 x 9 = 594 77 x 9 = 693 88 x 9 = 792 99 x 9 = 891 lalu bagaimana jika dengan 3 angka kembar,  selipkan saja angka 99 ditengahnya. Contoh : 222 x 9 = 1998 (cara cepat 2 x 9= 18, selipkan 99 ditengah ) 333 x 9 = 2997 444 x 9 = 3996 555 x 9 = 4995

dan banyak lain trik2 yang lainya sebenarnya untuk teman teman pelajari tergantung anda aja sekarang , kalau ada niat anda pasti semuanya akan lebih gampang dimengerti dan dipahami .
atau apabila anda mempuanyai trik trik lainya anda bisa sharing kepada teman teman lainya ., juga pada kami   supaya kita lebih mantap di dalam perhitunganya teman teman , emikian blog post ini saya tulis seoga bermanfaat kepada semua penggunanya .

4 komentar:

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...