Cari Yang lain disini gan!! Ilmu pengethuan apa saja yang kamu inginkan ada di sini

Memuat...

rpp berkarakter matematika sma kelas x semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : Persamaan Linier
Waktu : 2 × 45 menit

A. Kompetensi Inti SMA kelas X:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar

3.3 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Membuat model matematika dari permasalahan persamaan linier.
2. Menyelesaikan soal dengan menggunakan persamaan linier.

D. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran persamaan linier ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1. Membuat model matematika dari permasalahan persamaan linier.
2. Menyelesaikan soal dengan menggunakan persamaan linier.

E. Materi Matematika

Masalah :

Andi dalam tiga hari berturut-turut membelanjakan uangnya untuk membeli keperluan sekolah. Pada hari Minggu dia menghabiskan 1/2 dari uang yang dimilikinya. Pada hari Senin, dia membelanjakan uangnya Rp4.000,00 lebih sedikit dari uang yang dia belanjakan hari Minggu. Sementara uang yang dibelanjakan pada hari Selasa hanya 1/3 dari belanjaan hari Senin. Sekarang dia masih memiliki uang sisa belanjaan sebanyak Rp1.000,00.


Buatlah model dari kasus permasalahan tersebut? Buatlah model tersebut, tentukanlah uang Andi sebelum dibelanjakan!.
Diketahui:
Belanja hari Minggu = 1/ 2 x jumlah uangnya.
Belanja hari Senin = Rp4.000,00 lebih sedikit dari belanja hari Minggu.
Belanja hari Selasa = 1/3 × belanja hari Senin.

Ditanya:
• Buatlah model matematika dari permasalahan di atas.
• Tentukan berapa uang Andi sebelum dibelanjakan.
Penyelesaian

Marilah kita bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini.
Misal banyak uang Andi = x
Dari yang diketahui diperoleh
Belanja hari Minggu = 1/ 2 x
Belanja hari Senin = 1/2 x – 4000
Belanja hari Selasa = 1/3(x/2 – 4000)
Kita buat sebuah persamaan dari kasus ini, yaitu:
Uang Andi = jumlah uang yang dibelanjakan + sisa uang
sehingga penyelesaian permasalahan ini, adalah:
x = (x/2) + (x/2 – 4000) + 1/3 (x/2 – 4000) + 1000
= x/2 + x/2 – 4000 + x/6 – 4000/3 + 1000 ( kalikan kedua ruas dengan 6)
6x = 3x + 3x – 24.000 + x – 8.000 + 6.000
6x = 7x – 26.000
6x – 7x = - 26.000

NB : (untuk file ini di download word baru lengkap silahkan kirim email anda , sms ke 08216760742)saya akan megirim ke email anda gratis

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...